Selasa, 19 Mei 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELEGENCE IPA

MAPEL : IPA (SAINS)

KELAS : IV ( empat )

SEMESTER : I ( satu )

WAKTU : Kamis, 7 Agustus 2007 ( 2 x 35 menit )

A. STANDAR KOMPETENSI

Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B. KOMPETENSI DASAR

1. Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya, struktur panca indera dengan fungsinya

2. Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera

C. INDIKATOR

1. Menjelaskan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

2. Menyebutkan beberapa penyakit pada panca indera

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

2. Siswa dapat menyebutkan beberapa penyakit pada panca indera

E. MATERI

Alat Indra Manusia, Fungsi dan Perawatannya

F. METODE

1. Tanya Jawab

2. Ceramah

3. Demonstrasi

4. Tugas

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Awal ( 10 menit )

- Apersepsi

Siswa disuruh menunjukan serta mengamati bagian-bagian tubuh

- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

2. Kegiatan Inti ( 40 menit )

- Guru menjelaskan alat indra menusia yaitu alat indra penglihatan ( bagian-bagian mata dan fungsinya )

- Siswa mendengarkan penjelasan guru dilanjutkan dengan tanya jawab

- Siswa menunjukan bagian-bagian mata pada media peraga berupa gambar mata yang telah disediakan guru

- Sebagian siswa menulis pada selembar kertas bagian mata, masing-masing siswa satu bagian, dan sebagian siswa yang lain menuliskan fungsinya

- Sebagian siswa yang menulis fungsi bagian mata, berlari ke siswa yang menulis bagian mata yang sesuai ( dipandu oleh guru )

- Siswa melakukan tanya jawab tentang bagian-bagian mata dan fungsinya

- Siswa menghapal nama penyakit dan gangguan pada mata dengan di lagukan, yaitu lagu “ SEDANG APA “ yang syairnya telah digubah guru.

- Guru membuat kata kunci tentang bagian-bagian mata dan fungsinya serta gangguan pada mata ( sistem jembatan keladi )

- Siswa menghapal kata kunci yang diberikan guru

3. Kegiatan Akhir ( 15 menit )

- Siswa merefleksi materi dan mengerjakan tugas ( tes formatif ) dengan soal yang telah dibuat guru.

H. SUMBER / ALAT / MEDIA

1. Sumber bahan

a. Buku Paket Sains kelas IV, halaman 14 – 17, penerbit Sahabat

b. Bank Soal IPA Guru kelas IV

2. Alat/Media

a. Gambar alat indra mata

I. PENILAIAN

a. Jenis test : Tertulis dan Kinerja

b. Alat test : Soal test

Tlaga, 6 Agustus 2007

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru kelas IV

.............................. ..............................

NIP : NIP :


SOAL TEST FORMATIF

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !

1. Sebutkan bagian – bagian mata yang kamu ketahui, beserta fungsinya !

2. Sebutkan macam-macam gangguan yang terjadi pada mata !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar